Search This Blog

Rabu, 04 Maret 2015

Cara Membuat Resep Ikan Pepes Mudah Sederhana

Cara Membuat Resep Ikan Pepes Mudah Sederhana

  1. Setelah ikan yang akan digunakan dibersihkan sampai benar benar bersih, lumuri seluruh bagian ikan dengan campuran air jeruk nipis dan garam dapur beryodium sampai semua bagian ikan tertutupi sempurna. Biarkan dan diamkan sebentar supaya bau amis khas ikannya hilang.
  2. Sambil menunggu perasan jeruknya meresap, teman teman bisa membuat bumbu halusnya.
  3. Untuk menghaluskan bumbunya bisa menggunakan blender tetapi untuk hasil yang terbaik, sebaiknya kita pakai cara manual aja, yaitu di uleg menggunakan tangan semua bumbu halusnya, seperti gula merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, sedikit terasi, pala, kemiri, minyak sayur supaya lebih lembek dan cepat merasuk ke dalam bumbunya dan beri garam secukupnya sampai benar benar halus.
  4. Bumbu yang sudah dihaluskan diatas dibagi menjadi dua. Satu bagian untuk melapisi ikan bagian dalam dan luar yang pertama lalu sebagian lagi dicampur dengan (bumbu iris) cabai merah besar yang diiris, jahe yang diiris, bawang merah iris, bawang putih iris, kunyit iris, daun bawang iris, lengkuas iris dan serai iris untuk bagian luarnya.
  5. Lumuri ikan yang sudah dilumuri dengai air jeruk diatas dengan bumbu halus yang pertama. Ratakan sampai semua bagian luar ikan dan bagian dalam ikan (perut) terisi semua dengan rata.
  6. Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan sebelumnya lalu potong sesuai ukuran yang dikehendaki untuk membungkus dan mengukus ikan pepesnya.
  7. Ambil sebagian bumbu halus yang dicampur dengan irisan bumbu lainnya lalu taruh di atas daun pisang lalu ambil ikan dan tarus diatas bumbu tersebut.
  8. Ambil sisa bumbu halus plus irisan bumbu dan lumuri kembali bagian luarnya. Tambahkan daun salam, daun kemangi dan potongan besar cabai rawit di atas ikan lalu utup daun pisang dengan rapi dan kunci menggunkan tusuk gigi atau lidi.
  9. Siapkan panci atan dandang atau teman teman juga bisa menggunakan panci presto supaya daging benar benar lunak sampai kedalamnya.
  10. Masukkan air secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 liter dan tambahkan sedikit minyak sayur ke dalamnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok saja).
  11. Hidupkan dengan api sedang kecil sampai air mendidih lalu masukkan bungkusan daun pisang yang berisi pepes ikannya. Tutup dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama satu jam.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar